Selasa, 25 Maret 2008

Sebagian Besar Robot Dunia Dipasok dari Jepang

TOKYO - Sebuah turnamen Karate dilaksanakan di Tokyo. Namun kali ini bukan manusia yang dipertarungkan melainkan sepasang robot.

Dalam kelas bulu, Automo03-Sandan, robot berpenampilan layaknya seorang karateka, berhasil memenangkan pertandingan kelas bulu dengan mengalahkan Leghorn, sebuah robot berbentuk ayam yang juga ahli karate. Sedangkan di kelas ringan, robot asal Korea Selatan Teakwon-V berhasil memenangkan pertandingan dan membawa uang sejumlah USD10.000.

"Kompetisi ini kami adakan untuk menghibur anak-anak di Jepang yang sangat menyukai pertempuran robot dan film animasi. Kompetisi Robo-One ini ternyata mampu memenuhi keduanya," ujar Ketua komite Robo-One Terukazu Nishimura, seperti dikutip Reuters, Selasa (25/3/2008).

Kompetisi yang berlangsung selama 2 hari ini melibatkan sekira 112 robot yang bertanding di kelas bulu dan kelas berat. Hal ini merupakan sebuah indikator betapa Jepang merupakan negara penghasil robot yang cukup besar di dunia. Bahkan data yang dilansir melalui Reuters tersebut menyatakan bahwa sekira 40 persen dari total robot rumahan yang ada di dunia merupakan hasil produksi dari Jepang.

Namun investasi yang cukup besar untuk kepentingan riset dan pengembangan membuat beberapa perusahaan memutuskan untuk berhenti membuat robot. Misalnya saja Sony Corp., yang memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan pembuatan robot anjing Aibo-nya.

Tidak ada komentar: