Selasa, 25 Maret 2008

Ragam Makanan Pembangkit Libido

KONON melalui pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi akan membangkitkan libido seorang pria. Pasalnya saat Anda berhubungan seks tidak hanya mengandalkan jurus ampuh di atas ranjang, tetapi juga butuh power saat "bertempur".

Dr I Putu Gede Kayika SpOG(K), Ketua Asosiasi Seksologi Indonesia menanggapi pernyataan tersebut dengan cara pandang berbeda.

"Masyarakat ada yang mempercayai dan meyakini ada beberapa makanan yang dapat membangkitkan gairah seksual seseorang. Tapi tentu kita harus melihat pada jenis makanannya. Karena peningkatan libido itu tidak semata-mata berdasarkan pada pemilihan jenis asupan makanan yang dikonsumsi," tutur dokter yang kerap disapa Kayika ketika dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Senin (24/3/2008).

Menurutnya, makanan yang mengandung hormon atau zat-zat tertentu seringkali dikaitkan akan membangkitkan libido. "Kadang orang sering mengkaitkan makanan tertentu karena bentuknya. Seperti tanduk, cula atau bahkan penis buaya dan torpedo kambing, sering dikategorikan sebagai makanan pembangkit libido," jelas dokter lulusan Universitas Indonesia yang mengambil gelar dokter spesialis di almamaternya itu.

Padahal secara ilmiah makanan tersebut tidak terbukti dapat meningkatkan libido seseorang. "Yang paling penting diperhatikan agar tubuh senantiasa berenergi dan berstamina tinggi adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang akan memastikan kecukupan pasokan protein, vitamin, mineral, dan sebagainya," terang dokter dari Rumah Sakit Mitra Internasional Jatinegara dan RSCM itu.

Menurutnya lagi, seringkali para produsen makanan mengklaim makanan yang dijual dan beredar di pasaran bagus dan bermanfaat untuk membangkitkan gairah seksual. Padahal hal itu hanyalah placebo yang terkait pada mindset seseorang.

"Efek placebo artinya merupakan efek yang diyakini melalui pemilihan makanan akan menumbuhkan kepercayaan diri. Tapi setelah diuji secara ilmiah, hal itu tidak terbukti. Jadi faktor yang paling penting adalah mengonsumsi makanan sehat yang baik dan bergizi," papar staf pengajar Fakultas Kedokteran UI dan Pasca Sarjana UI khusus untuk kajian wanita itu.

Masih menurutnya, agar hormon seseorang meningkat, maka perlu mengetahui zat kimiawi yang ada dalam tubuh. "Zat-zat kimiawi dalam tubuh itu harus dipenuhi dengan zat-zat yang disuplai. Untuk memproduksinya, harus dicukupi dengan makanan yang sehat dan seimbang," imbuhnya.

Nah, bila ingin membangkitkan libido, tentu saja harus memilih zat-zat yang sudah teruji secara ilmiah. Karena itu, kategorinya adalah obat-obatan medis. "Jadi kalau dari jenis makanan boleh saja dikonsumsi, sejauh baik dan tidak merugikan untuk dikonsumsi," pungkasnya.

Tidak ada komentar: