Senin, 24 Maret 2008

Stop kulit berminyak

BAGI Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, pastinya Anda tidak pernah lepas dari masalah kulit tampak mengkilap dan berjerawat. Bisa dibayangkan, betapa repotnya perawatan yang harus dilakukan terhadap jenis kulit yang satu ini. Pilihan perawatan yang bisa digunakan adalah mengurangi keluarnya minyak secara berlebihan, dan hal ini harus dilakukan dengan cara yang seimbang. Seperti apakah cara yang bisa kita lakukan?

Kulit berminyak ditandai dengan penampilan yang megkilap dan kusam. Hal ini disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang sangat aktif. Umumnya, bagian yang berminyak akan terlihat mengkilap. Ukuran pori-porinya termasuk besar. Akibatnya, orang yang mempunyai jenis kulit ini akan mudah sekali berjerawat. Sel kulit mati pada wajah akan terlihat lebih gelap jika terpapar udara luar, sehingga membentuk komedo.

Pada kebanyakan kasus, kulit berminyak disebabkan oleh gen. Namun berbagai faktor dapat memicu timbulnya minyak yang berlebihan, contohnya seperti pola makan. Terlalu banyak proses gula, cairan dan masuknya garam dapat menjadi kontribusi dalam masalah kulit berminyak. Karenanya, meskipun faktor keturunan adalah alasan utama kenapa kulit kita menhasilkan minyak yang berlebihan, dokter kulit akan merekomendasikan pilihan diet untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

Wanita lebih banyak memiliki masalah dengan kulit berminyak. Banyaknya hormon yang dimiliki oleh kaum hawa ini memicu produksi minyak lebih banyak dari pria. Terutama pada masa-masa pubertas ketika tingkat hormon amat tidak seimbang. Hal ini merupakan faktor biasa dalam masa remaja di mana terlalu banyak produksi sebum (minyak di bawah kulit) sebagai hasil tingkat hormon yang tak menentu. Pada masa kehamilan, hormon juga cenderung tidak seimbang, sehingga kulit berminyak seringkali menjadi sebuah masalah bagi para wanita sebelum melahirkan. Selain itu pil KB juga dapat menjadi masalah yang memperburuk keadaan.

Wanita dan kecantikan memiliki kompleksitas tersendiri. Perawatan wajah bagi kaum wanita memiliki langkah-langkah khusus yang harus diikuti. Terutama bagi yang memiliki jenis kulit berminyak.

"Masalah kulit berminyak itu sangat komplek sekali, jadi jenis perawatannya pun sangat banyak dan bertahap. Tergantung dari masalah yang dialami, perawatan untuk kulit berminyak bisa dimulai dengan obat-obat tropikal, krim, terapi hormon dan langkah-langkah lainnya," jelas dr Ida Hardjono SpKK dari klinik perawatan wajah Skin & Beauty di Jalan Gereja Theresia No 43 Menteng.

Selain itu, dijelaskan juga oleh dr Ida juga bahwa keberhasilan perawatan ini tergantung dari fokus dan serius atau tidaknya si pasien tersebut menjalankan perawatannya.

"Kalau pun sudah berhasil dan bagus, tapi si pasiennya gak diet atau tetep minum susu full cream ya percuma aja, pasti masalahnya muncul lagi," pungkasnya.

Tidak ada komentar: