Minggu, 23 Maret 2008

Roket Rusia Pembawa Satelit Gagal Menuju Orbit

MOSCOW - Roket Proton-M Rusia berhasil meluncur beberapa hari lalu dari stasiun luar angkasa Baikonur di Kazakhstan. Sayangnya roket tersebut tidak mampu mencapai orbit.

"Mesin akselerasi pada Briz-M gagal beroperasi pada waktu yang ditentukan sehingga satelit tidak dapat diletakkan di orbit yang telah direncanakan," ujar kosmonot yang ada di Khrunichev Space Center, seperti dikutip melalui AFP, Sabtu (15/3/2008).

Pihak kantor luar angkasa masih berusaha menyelidiki kemungkinan untuk meletakkan satelit di tempat yang telah ditentukan semula. Roket Rusia ini terbang dengan membawa satelit komunikasi milik Amerika dengan nama AMC-14.

AMC14 merupakan satelit yang diproduksi oleh Lockheed Martin atas prakarsa SES Americom, sebuah perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yang mencakup wilayah Amerika Utara dan Barat.

Selain satelit, roket tersebut juga membawa active phrase array (APA), yang diklaim perusahaan sebagai satelit utama yang akan difungsikan untuk mengakomodir teknologi masa depan bagi perusahaan.

Tidak ada komentar: