Minggu, 23 Maret 2008

Astronot Endeavour Tuntaskan Misi Terakhir

CAPE CANAVERAL - Astronot Endeavour baru saja menyelesaikan misinya di stasiun ruang angkasa internasional setelah melakukan inspeksi terhadap galah (pole) setinggi 50 kaki sebagai petunjuk untuk pengunjung pemberangkatan berikutnya.

Michael Foreman dan Robert Behnken, dua astronot yang menyelesaikan misi terakhir tersebut. Mereka mulai meninggalkan pesawatnya menuju stasiun yang berada 200 mil di atas Pasifik pada sore hari dan baru menuntaskan semua bagian misi tadi malam.

"Kamu seorang gladiator, Mike," ujar astronot Richard Linnehan dari dalam Endeavour yang diperdengarkan di stasiun pusat di Florida, seperti dilansir Associated Press (AP), Minggu (23/3/2008), via klip suara berdurasi lima detik dalam film 2000.

Para astronot menggunakan inspeksi ledakan laser-tipped pada misi awal dari 16 hari misi. Lalu, Jumat lalu awak Endeavour kembali memeriksa apakah terdapat kerusakan pada pesawat ruang angkasa mereka. Hal ini dilakukan secara rutin sebagai prosedur keamanan sejak terjadinya kecelakaan yang terjadi pada Columbia pada 2003 lalu.

Foreman dan Behnken menarik kawat energi yang sangat panjang yang disambungkan ke daerah sekitar galah yang ditujukan untuk menjaga kehangatan kamera dan laser untuk dua bulan ke depan sekaligus mengamankan bom laser agar tidak terlempar ke ruang angkasa.

Pesawat Endeavour, yang sampai di ruang angkasa pada 12 Maret lalu, telah menyelesaikan misinya membawa bagian pertama lab Kibo milik Jepang dan sebuah robot Kanada dengan panjang 11 kaki yang didesain untuk memberi petunjuk para astronot di masa depan.

Endeavour dijadwalkan melepaskan diri dari stasiun ruang angkasa internasional pada Senin malam, dan mendarat di Kennedy Space Center pada Rabu malam. Pesawat ulang alik ini telah menghabiskan 12 hari di stasiun ruang angkasa, memecahkan rekor waktu singgah terlama di ruang angkasa.?

Tidak ada komentar: