Jumat, 28 Maret 2008

Chip Baru Qualcomm Dilengkapi Wi-fi dan GPS

BARCELONA - Qualcomm meluncurkan varian baru dari tiga chipset baru terkemuka di industri yang dirancang untuk mendukung perkembangan piranti bergerak bagi konsumen.

QST1000, QST1100 dan QST1105 merupakan solusi platform tunggal dengan beragam fitur dan kemampuan yang terintegrasi termasuk konektivitas nirkabel, ketepatan tinggi, multi mode GPS positioning, prosesor aplikasi dengan kinerja tinggi, dukungan untuk TV bergerak dan berbagai pilihan multimedia. Peralatan bergerak pertama saat ini sedang dalan tahap uji coba dan dijadwalkan akan diluncurkan tahun ini.

"Qualcomm bergerak satu langkah di depan telepon selular dan memperoleh kepercayaan konsumen dalam pasar elektronik dengan menyediakan solusi terkemuka bagi industri untuk pengembangan peralatan elektronik paling populer saat ini,? kata Luis Pineda, Senior Vice President Marketing dan Product Management, Qualcom CDMA Technologies, melalui siaran pers, Selasa (25/3/2008).

Chipset QST1000 termasuk prosesor aplikasi ARM11 yang terintegrasi dan berfungsi pada 528 MHZ dengan dukungan untuk sistem operasi pihak ketiga (Windows Mobile, Win CE dan Linux). Beragam audio dan video codec popular yang komprehensif. Berbagai fitur multimedia, termasuk kamera, video playback hingga resolusi VGA dan TV-out.

Komponen gpsOne generasi ketujuh dengan dukungan untuk Standalone-GPS dan mode Assited-GPS sekaligus gpsOneXTRA Assistance yang meningkatkan kinerja Standalone-GPS. Dan dukungan untuk Bluetooth, Wi-Fi, dan radio FM, serta teknologi proses 65 nanometer untuk meningkatkan daya tahan baterai dan penghematan bill-of-materials.

Sebagai tambahan dari berbagai fitur tersebut, chipset QST1100 menambahkan konektivitas nirkabel WAN untuk kemampuan data dan suara. QST1105 juga memiliki hardware-accelerated 2D/3D graphics core dengan kinerja hingga 2,8 juta triangles per detik untuk user interface dan aplikasi gaming yang menarik.

Ketiga chipset interface dengan solusi Universal Broadcast Modem (UBM) untuk MediaFLO, DVB-H dan dukungan siaran televisi nirkabel ISDB-T. Ketiga chipset tersebut juga bersifat pin-compatible dan menggunakan software umum, yang menawarkan fleksibilitas dan efisiensi tinggi bagi kalangan manufaktur untuk memilih fungsi yang spesifk untuk produk-produk mereka.

Tidak ada komentar: