Rabu, 19 Maret 2008

Gangguan Gen

Sebuah gen yang terkoneksi dengan otak ditengarai sebagai penyebab timbulnya gejala autisme. Hal ini berhasil ditemukan oleh peneliti dari Amerika.

Gangguan dalam gen, yang disebut Contactin 4, berpotensi menghentikan kinerja gen sehingga tidak bekerja dengan semestinya. Bahkan gen tersebut mampu membuat otak berhenti bekerja membentuk jaringan yang sesuai.

"Gangguan ini ternyata memiliki 2,5 persen kemampuan untuk menimbulkan masalah autisme," ujar peneliti asal Amerika Dr Eli Hatchwell, seperti dikutip Reuters, Rabu (19/3/2008).

Tim peneliti yang diketuai oleh Hatchwell ini berhasil meneliti 92 pasien dari 81 keluarga dengan menggunakan autis spectrum disorder dan membandingkannya dengan 560 orang yang tidak memiliki masalah autisme. Mereka menganalisa seluruh gen yang ada, meneliti peta DNA dan menemukan bahwa tiga pasien memiliki duplikasi bahkan penghilangan DNA yang merusak Contactin 4.

Bahkan Hatchwell menambahkan bahwa setiap 1 dari 150 anak di dunia berpotensi terkena autis atau penyakit yang mengakibatkan kekacauan otak seperti sindrom Asperger

Tidak ada komentar: